PHO RTH Diperiksa sebagai Tersangka

Rabu, 11 Juli 2018 - 15:44 WIB | dibaca : 99 pembaca

PEKANBARU—Mantan provisional hand over (PHO) Ramli menjalani pemeriksaan di bagian Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Rabu (11/7). Pemeriksaannya terkait statusnya sebagai tersangka dalam dugaan korupsi Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar, Pekanbaru.

“Penyidik sedang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka atas nama Ramli. Dia merupakan PHO dalam proyek tersebut,” ucap Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kejati Riau Muspidauan, Rabu (11/7).

Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai bagian dari proses penyidikan dalam perkara tersebut. Ramli menjadi salah satu tersangka dari 18 orang dalam perkara tersebut.

Enam orang di antaranya sedang menjalani proses persidangan, termasuk mantan Kepala Dinas PUPR Riau, Dwi Agus Sumarno.  “Prosesnya (penyidikan) masih terus berjalan. Ini kan baru enam yang sedang menjalani persidangan,” lanjutnya.

Dugaan Tipikor pembangunan RTH Tunjuk Ajar menyeret jumlah tersangka yang banyak. Total tersangka mencapai 18 orang.

Selain tersangka yang sudah ditahan, tersangka lainnya adalah Ketua Pokja ULP Provinsi Riau Ikhwan Sunardi, Sekretaris Pokja Hariyanto dan anggota Pokja Desi Iswanti, Rica Martiwi, Hoprizal.

Selain itu, Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) Adriansyah dan Akrima ST juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Yusrizal dan ASN Silvia.

Berdasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia (RI) perwakilan Riau, ditemukan kerugian negara sebesar Rp1,1 miliar dari pembanguan proyek fisik yang diresmikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Raharjo, Desember 2016 silam. =MX10

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar