Proyek Lapas Narkotika Terbengkalai

Senin, 09 Juli 2018 - 15:59 WIB | dibaca : 315 pembaca

MENGANTISIPASI over kapasitas di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Pekanbaru dan Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sialang Bungkuk, Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau membangun lapas khusus tahanan narkoba. Lokasinya di Toman, sekitar 1,7 Km dari Jalan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Kepala Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau sebelumnya Dewa Putu Gede mengatakan, pihaknya bersama kontraktor sedang melakukan pembangunan Gedung Kantor dan Administrasi Lapas Narkotika Pekanbaru. Tujuannya mengantisipasi kerusuhan akibat over kapasitas.

Sayang, proyek yang dibangun akhir tahun 2016 itu hingga sekarang tak kunjung selesai. Padahal, waktu pengerjaan yang tertera di plang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berakhir pada 22 Desember 2017.

Pantauan Pekanbaru MX Senin (9/7) siang, tak ada aktivitas di lokasi bangun Gedung Kantor dan Administrasi Lapas Narkotika Pekanbaru tersebut. Bangunannya tampak masih terbengkalai.

Bagian depan bangunan, plang IMB dengan Nomor IP: 196/ IP-BPTPM/XII/2016 dan Nomor SK: 241/IMB /BPTPM/XII/2016, masih berdiri kokoh. Pemohonnya Syofri Mulyadi dan Perencana Sukarwan ST. Sedangkan pengawasnya pemilik dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan.

Di samping, ada juga plang yang dibuat Kementrian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Pekanbaru Riau. Di sana tertera nama kegiatannya, yakni pembangunan lanjutan Blok Sel Type 7 Lembaga Permasyarakatan Khusus Narkotika Pekanbaru Riau. Waktu pelaksanaan selama 72 kalender dengan dana berasal dari APBN-P tahun 2017.

Untuk konsultan perencana proyek ini diketahui PT Pandu Persada dan konsultan MK, PT Yodya Karya (Persero). Sedangkan konsultan pelaksana PT Bangun Bumi Persada Jaya.

Pada menu LPSE Provinsi Riau, proyek ini diberi kode lelang 6330252. Di situs ini anggarannya tahun 2016 dengan total anggaran Rp27.250.818.000,00.

Kepala Keamanan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Pekanbaru Akhir Zaman yang ditemui Pekanbaru MX mengatakan, untuk ketersediaan dan kesiapan Lapas Narkotika Pekanbaru belum bisa digunakan.

'Bisa kita lihat bangunannya belum siap. Ditambah lagi anggota yang bertugas di sana belum ada,’’ kata Akhir Zaman di kantornya.

Mengenai informasi lebih lanjut, Akhir Zaman meminta untuk konfirmasi ke Kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau.

Terpisah, Eki selaku Kasubag Humas Kementerian Hukum dan HAM  Provinsi Riau belum bisa dikonfirmasi Pekanbaru MX. Ketika dihubungi via telepon seluler, tak kunjung menjawab. Begitu juga dengan pesan singkat yang dikirim, tak dibalas. ***

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar