Rumah Petani Digerebek Polisi

Tanam Ganja Dalam Pot, Panen Sendiri Jual Sendiri

Jumat, 13 April 2018 - 16:10 WIB | dibaca : 98 pembaca

TEMBILAHAN--Di usia yang hampir setengah abad, SH harus meringkuk di dalam sel tahanan Mapolres Indragiri Hilir (Inhil). Warga Jalan Lintas Enok, Kecamatan Tembilahan itu ditangkap karena menanam ganja di dekat rumahnya. Kemudian hasilnya dijual sendiri, Kamis (12/4) kemarin.

Mengenakan baju tahanan warna orange, SH hanya bisa duduk termangu di Mapolres Inhil. Di hadapannya tersusun barang bukti narkoba jenis daun ganja kering yang dibungkus dan disimpan di beberapa tempat. Beratnya 2,2 kilogram.

Kasat Reserse Narkoba Polres Inhil AKP Bachtiar SH saat dikonfirmasi Pekanbaru MX membenarkan adanya penangkapan tersebut. Kini pihaknya masih melakukan pengembangan.

‘’Tersangka bersama barang buktinya sudah diamankan. Dia masih menjalani pemeriksaan guna pengembangan lanjut,’’ kata Kasat.

Penangkapan terhadap petani ganja ini berawal dari informasi masyarakat sekitar. Mereka sudah gerah dengan aksi SH yang menanam ganja di sekitar rumahnya dengan menggunakan pot kecil.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada orang yang sering bertransaksi ganja di Seberang Tembilahan,” tutur AKP Bachtiar.

Dari informasi itu, sebut Bachtiar, pihaknya melakukan penyelidikan untuk memastikan kebenarannya. Ternyata akurat, sehingga Unit Opsnal Satres Narkoba yang dipimpin Iptu Arinal Fajri langsung mengamankan SH di rumahnya.
“Saat digeledah ditemukan barang bukti,’’ beber mantan Kapolsek Tanah Merah itu.

Petugas menemukan daun ganja kering yang disimpan dalam karung dan tiga buah toples. Bahkan, dibungkus sebanyak 22 ganja paket kecil dan satu paket sedang.

Tak hanya itu, 66 buah kecambah dan uang tunai sebesar Rp615 ribu turut disita sebagai barang bukti. Lalu ia digiring ke Mapolres Inhil untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Hasil pemeriksaan sementara, SH mengakui perbuatannya. Rupanya, ganja itu adalah hasil panennya sendiri 10 hari yang lalu. ‘’Sedangkan kecambahnya juga hasil penyemaian dan diduga baru berumur lima hari,’’ ungkapnya. ***

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar