Audit Dugaan Korupsi Pajak Kendaraan Sudah Keluar

Jumat, 13 April 2018 - 14:26 WIB | dibaca : 160 pembaca

Hasil audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait dugaan korupsi penyelewengan pajak ratusan kendaraan telah keluar. Hal ini dibenarkan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, Kamis (12/4) siang.

‘’Ya, memang hasilnya sudah keluar,’’ katanya, saat dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui telepon selulernya.

Lebih jauh, lanjut Kombes Gidion, dalam waktu dekat hasilnya akan diekspos. ‘’Nanti kita jelaskan saat ekspos. Yang jelas audit dugaan korupsi pajak kendaraan sudah keluar,’’ ujar Kombes Gidion.

Dibenarkannya juga, kasus ini berjalan cukup lama. Hal ini disebabkan, karena sebelumnya penyidik yang menangani kasusnya ini kembali mengecek lembaran surat Ketetapan Pajak Daerah (KPD) di halaman STNK satu per satu.

Sekitar puluhan saksi juga dimintai keterangannya terkait kasus ini. Bahkan, dalam prosesnya setelah melakukan penggeledahan di kantor Dispenda, penyidik langsung melakukan koordinasi dengan Bareskrim Polri.

Kasus ini terendus, setelah adanya temuan keganjilan pada lembaran SKPD pada bagian belakang STNK kendaraan bermotor. Di mana di bagian temuan itu, tidak dicantumkan paraf pada kolom kelektor.

Perlu diketahui pengurusan pajak kendaraan diketahui dilakukan di kantor Samsat dengan sistem administrasi manunggal satu atap. Untuk prosesnya melibatkan Kepolisian untuk pengesahan STNK dan Dispenda Riau, untuk lembaran SKPD.

Sebab diselidiki, karena uang hasil pengurusan pajak kendaraan tersebut tidak masuk kedalam kas negara. Selain itu, dalam kasus ini, juga ditemukan adanya lompatan tahun yang tidak biasa dari para penunggak pajak***

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar